;



UNTUK CLOSE : KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI AGAR MELIHAT FULL ARTIKEL ^^


Minggu, 16 Desember 2012

Ini Arti Bendera pada Arena Balapan

Minggu, 16 Desember 2012



Dalam balap Formula 1 (F1) atau Moto GP, terdapat bermacam² bendera balap yg berfungsi utk memberi tau pesan penting kepada para pembalap yg sebersamag berpacu dalam lintasan lomba. Bendera ini biasanya dikibarkan oleh para marshal di sekeliling lintasan agar dapat dilihat dgn jelas oleh para pembalap.
Penggunaan bendera ini juga berlaku di dunia balap Internasional lainnya bersama digunakan hampir di semua balapan dunia otomotif gan, bukan hanya dalam Formula 1 (F1) atau Moto GP saja.
Namun, khusus dalam balap Formula 1, karena pembalap memacu mobil balapnya dgn kecepatan yg sangat tinggi, maka tentu akan sulit bagi pembalap tersebut untuk melihat bendera yg sebersamag dikibarkan.
Untuk menjawab permasalahan ini, sebuah display khusus dalam setiap kokpit pembalap yaitu GPS Marshalling System dibuat.
Display ini akan menyala sesuai dengan warna bendera balap yg dikibarkan dalam sirkuit. Dgn diciptakannya sistem ini, maka para pembalap pun sangat terbantu utk mengetahui pesan dari pengawas perlombaan secara efektif.
Tapi kali ane bukan ngebahas tentang GPS Marshalling System, lho gan , melainkan warna² bendara yg digunakan bersama makan/pesan dibalik dikibarkannya bendera tersebut Berikut bendera² nya gan.

Spoilerfor Cekibrot:
Bendera Papan Catur (Chequered Flag)
Spoilerfor Bendera Papan Catur:

Quote:Bendera ini menyatakan bahwa perlombaan telah usai. Dalam latihan bersama sesi kualifikasi, bendera ini dikibarkan kalau waktu utk latihan bersama sesi kualifikasi telah habis. Sebersamagkan ketika lomba, bendera pertama kali dikibarkan kepada pemenang lomba, kemudian kepada setiap pembalap yg berada di belakangnya.

Bendera Kuning
Spoilerfor Bendera Kuning:

Quote:Bendera ini bukan menandakan ada yang meninggal dunia. lho gan  Melainkan menandakan bahaya  , seperti misalnya ada mobil atau motor yg rusak bersama berada di tengah lintasan balap.
kalau 1 bendera kuning dikibarkan, berarti setiap pembalap harus memperlambat lajunya. Sebersamagkan ketika 2 bendera kuning dikibarkan sekaligus, berarti para pembalap harus memperlambat lajunya bersama bersiap berhenti kalau diperlukan. Selain itu, pembalap dilarang menyalip pembalap lain ketika bendera ini dikibarkan, kalau melanggar maka akan mendapat ganjaran hukuman.


Bendera Hijau
Spoilerfor Bendera Hijau:

Quote:Berhubungan dengan bendera kuning, bila bendera ini dikibarkan, maka menandakan bahaya telah teratasi. Pembalap telah melewati bahaya bersama larangan pada bendera kuning pun dicabut.

Bendera Merah
Spoilerfor Bendera Merah:

Quote:kalau bendera ini dikibarkan, maka perlombaan akan dihentikan. Bendera ini biasanya dikeluarkan kalau terjadi kecelakaan yg fatal atau kondisi lintasan atau cuaca yang buruk.
Namun dalam balap Moto GP, sekarang kalau hujan turun saat balapan tdk lagi dikibarkan bendera merah, para pembalap langsung menuju pit utk mengganti ban sesuai kebijakan tim.
Jadi inget peristiwa Simoncelli gan


Bendera Biru
Spoilerfor Bendera Biru:

Quote:Bendera ini dikibarkan utk memberi tau pembalap bahwa dia akan di over lap. Pembalap yg mendapat petunjuk ini juga harus membiarkan pembalap lain yg akan meng-over lap utk menyalipnya. kalau pembalap tersebut tdk mengindahkan petunjuk ini sampai maksimal 3 kali, maka pembalap tersebut akan mendapat hukuman.
Petunjuk ini juga ditempatkan pada ujung tempat keluar dari pit ketika ada pembalap lain yang berada dalam lintasan mendekat.


Bendera Garis Kuning bersama Merah
Spoilerfor Bendera Garis Kuning bersama Merah:

Quote:Biasanya dikibarkan bersamaan dgn nomor salah seorang pembalap. Bendera ini digunakan utk memberi peringatan kepada pembalap bahwa ia mengalami masalah mekanis bersama ia harus segera kembali ke dalam pit.
Spoilerfor masalah mekanis:


Bendera Hitam Putih
Spoilerfor Bendera Hitam Putih:

Quote:Juga dikibarkan bersamaan dgn nomor salah seorang pembalap. Bendera ini digunakan untuk memberi peringatan kepada pembalap bahwa ia melakukan tindakan yg kurang sportif atau curang. kalau pembalap tdk memperdulikan peringatan ini, maka pembalap tersebut akan menerima bendera hitam.
Kalo gak salah Simoncelli juga sempet mendapatkan bendera ini


Bendera Hitam
Spoilerfor Bendera Hitam:

Quote:Dikibarkan juga bersamaan dengan nomor salah seorang pembalap. Bendera ini berarti bahwa pembalap tersebut harus kembali ke dalam pit. Bendera ini juga sering berarti bahwa pembalap tersebut didiskualifikasi bersama dikeluarkan dari lomba.


Bendera Putih
Spoilerfor Bendera Putih:

Quote:Bendera ini dikibarkan utk memberi peringatan bahwa safety car berada dalam lintasan.
Spoilerfor Safety Car:

Dalam balap Moto GP, bendera ini jarang sekali dikibarkan, bendera putih dalam Moto GP berarti pembalap harus masuk ke dalam pit utk mengganti ban karena perubahan kondisi cuaca bersama lintasan.


sumber | daftarhargaterkini.blogspot.com | http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016339175

SEMOGA BETAH DI BLOG SAYA YA ..... ^_^

kudil - 07.52

0 komentar:

Posting Komentar