Musim hujan udah tiba nih sob, motor lu udah siap banjir2an belom jangan sampe motor lu menghambat aktivitas lu sob, langsung aja deh gw kasih tips merawat motor saat musim hujan.
Spoilerfor 1.:
1. Mencuci Motor

Setelah motor digunakan berkendara di tengah guyuran hujan, sebaiknya Anda mencucinya. Meski tak punya banyak waktu, sebaiknya Anda sempatkan untuk mencucinya Meskipun hanya mengguyur seluruh bodi bersama bagian-bagian penting lainnya.
selain motor tetap terlihat bary bersama mengkilap hal ini juga dapat menghindari motor anda terkena karat.

Setelah motor digunakan berkendara di tengah guyuran hujan, sebaiknya Anda mencucinya. Meski tak punya banyak waktu, sebaiknya Anda sempatkan untuk mencucinya Meskipun hanya mengguyur seluruh bodi bersama bagian-bagian penting lainnya.
selain motor tetap terlihat bary bersama mengkilap hal ini juga dapat menghindari motor anda terkena karat.
Spoilerfor 2:
2. Rantai Motor

Bagian lain dari motor yang rawan bermasalah setelah dikendarai di tengah guyuran hujan adalah rantai. Terlebih motor yang tidak menggunakan tutup rantai. Air hujan yang bersifat asam memicu terjadinya karat pada peranti itu.
Pada sisi lain, setelah melibas lubang yang tertutup genangan air hujan, rantai juga kendur. Oleh karena itu, kencangkan setelan rantai sesuai dengan standar.
disarankan juga untuk melumasi rantai motor anda dengan pelumas rantai tentunya.

Bagian lain dari motor yang rawan bermasalah setelah dikendarai di tengah guyuran hujan adalah rantai. Terlebih motor yang tidak menggunakan tutup rantai. Air hujan yang bersifat asam memicu terjadinya karat pada peranti itu.
Pada sisi lain, setelah melibas lubang yang tertutup genangan air hujan, rantai juga kendur. Oleh karena itu, kencangkan setelan rantai sesuai dengan standar.
disarankan juga untuk melumasi rantai motor anda dengan pelumas rantai tentunya.
Spoilerfor 3:
3. Kanvas rem bersama piston cakram rem

Kanvas rem terbuat dari bahan asbes. Bahan tersebut jjika banyak terkena air akan menggelembung bersama mengeras pada saat kering.
Akibatnya, rem terasa keras pada saat pedal rem diinjak atau bahkan muncul suara mendecit atau suara keras lainnya. “Oleh karena itu, setelah motor dicuci bersama dibersihkan, jalankan motor bersama sering-sering menginjak pedal rem agar kanvas benar-benar kering,” kata Alex.
Begitu pun dengan rem cakram di roda depan. Rem cakram bersifat terbuka. Padahal saat dipacu kencang di tengah guyuran hujan, kotoran menempel pada kanvas rem maupun piston.

Kanvas rem terbuat dari bahan asbes. Bahan tersebut jjika banyak terkena air akan menggelembung bersama mengeras pada saat kering.
Akibatnya, rem terasa keras pada saat pedal rem diinjak atau bahkan muncul suara mendecit atau suara keras lainnya. “Oleh karena itu, setelah motor dicuci bersama dibersihkan, jalankan motor bersama sering-sering menginjak pedal rem agar kanvas benar-benar kering,” kata Alex.
Begitu pun dengan rem cakram di roda depan. Rem cakram bersifat terbuka. Padahal saat dipacu kencang di tengah guyuran hujan, kotoran menempel pada kanvas rem maupun piston.
Spoilerfor 4:
4. Ban

Setelah selesai menerobos genangan air hujan, sebaiknya Anda memeriksa tekanan air ban. Pastikan besaran tekanan itu sesuai dengan standar pabrikan.
Ban yang tekanan anginnya kurang dari standar, sangat rentan cepat aus. Pasalnya, dengan tekanan kurang, maka permukaan telapak ban yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan semakin banyak.
Selain menjaga tekanan angin, sebaiknya juga mencuci ban. Sikat bagian telapak bersama dinding samping ban. Hal ini selain untuk menghilangkan unsur asam yang ada di air hujan, juga unsur lain seperti lumpur atau kotoran yang menempel di ban.
Beberapa kotoran seperti bekas deterjen, oli, minyak tanah, bensin, yang sebelumnya tumpah di jalan dapat terbawa atau berada di genangan air hujan. Unsur-unsur yang ada di zat itu memicu karet ban cepat getas.

Setelah selesai menerobos genangan air hujan, sebaiknya Anda memeriksa tekanan air ban. Pastikan besaran tekanan itu sesuai dengan standar pabrikan.
Ban yang tekanan anginnya kurang dari standar, sangat rentan cepat aus. Pasalnya, dengan tekanan kurang, maka permukaan telapak ban yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan semakin banyak.
Selain menjaga tekanan angin, sebaiknya juga mencuci ban. Sikat bagian telapak bersama dinding samping ban. Hal ini selain untuk menghilangkan unsur asam yang ada di air hujan, juga unsur lain seperti lumpur atau kotoran yang menempel di ban.
Beberapa kotoran seperti bekas deterjen, oli, minyak tanah, bensin, yang sebelumnya tumpah di jalan dapat terbawa atau berada di genangan air hujan. Unsur-unsur yang ada di zat itu memicu karet ban cepat getas.
Spoilerfor 5:
5. Knalpot

Pada umumnya, bagian dalam knalpot bersama leher knalpot akan keropos jjika banyak kotoran menempel di bagian itu. Terlebih jjika kotoran tersebut bercampur dengan air hujan.
Oleh sebab itu, jjika motor telah melibas genangan air hujan atau banjir bersama air hujan masuk knalpot, sebaiknya air dikeluarkan. Setelah motor dicuci bersih, panasi mesin. Setelah itu, semprotkan oli ke dalam bagian knalpot bersama olisi bagian leher knalpot dengan grease. Kemudian panasi lagi mesin motor sekitar 5 menit.

Pada umumnya, bagian dalam knalpot bersama leher knalpot akan keropos jjika banyak kotoran menempel di bagian itu. Terlebih jjika kotoran tersebut bercampur dengan air hujan.
Oleh sebab itu, jjika motor telah melibas genangan air hujan atau banjir bersama air hujan masuk knalpot, sebaiknya air dikeluarkan. Setelah motor dicuci bersih, panasi mesin. Setelah itu, semprotkan oli ke dalam bagian knalpot bersama olisi bagian leher knalpot dengan grease. Kemudian panasi lagi mesin motor sekitar 5 menit.
Spoilerfor 6:
6. Busi

Setelah motor selesai digunakan, sebaiknya Anda mencabut cop atau karet penutup busi kemudian tiup bersama lap dengan air bersih. Begitu pula dengan kabel busi serta businya.

Setelah motor selesai digunakan, sebaiknya Anda mencabut cop atau karet penutup busi kemudian tiup bersama lap dengan air bersih. Begitu pula dengan kabel busi serta businya.
Spoilerfor 7:
7. Kotak saringan udara

Udara merupakan unsur penting untuk pembakaran bahan bakar di ruang bakar mesin. jjika peranti ini basah karena air hujan masuk atau merembes ke dalamnya, maka udara akan bercampur embun.
Udara merupakan unsur penting untuk pembakaran bahan bakar di ruang bakar mesin. jjika peranti ini basah karena air hujan masuk atau merembes ke dalamnya, maka udara akan bercampur embun.
Spoilerfor 8:
8. Rem Depan / Belakang

Seringkali rem akan bunyi apajjika basah terkena air, amplas kanvas rem bersama tromol agar rem lebih pakem bersama menghindari bunyi.

Seringkali rem akan bunyi apajjika basah terkena air, amplas kanvas rem bersama tromol agar rem lebih pakem bersama menghindari bunyi.
Spoilerfor 9:
9. Kabel Body

Hindari kabel body bersama socketnya dari air karena dapat mengakibatkan konslet sehingga dapat merusak komponen kelistrikan.
Mudah - mudahan hal di atas dapat diperhatikan, sehingga umur sepeda motor anda dapat lebih lama.
Hindari kabel body bersama socketnya dari air karena dapat mengakibatkan konslet sehingga dapat merusak komponen kelistrikan.
Mudah - mudahan hal di atas dapat diperhatikan, sehingga umur sepeda motor anda dapat lebih lama.
Spoilerfor 10:
10. jari-jari roda

Gunakan lap bersih untuk mengkeringkan jari-jari roda yang kebasahan. jjika tidak, jari-jari pada velg motor akan keropos. Keropos pada velg memang tidak tampak di luar, tapi terjadi di dalam velg.

Gunakan lap bersih untuk mengkeringkan jari-jari roda yang kebasahan. jjika tidak, jari-jari pada velg motor akan keropos. Keropos pada velg memang tidak tampak di luar, tapi terjadi di dalam velg.
Demikian tips merawat sepeda motor saat musim hujan, semoga tips ini bermanfaat. jaga selalu kendaraan anda karena kendaraan anda adalah cerminan diri anda sendiri.
sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/50aa07491a76086f3b00010d/10-tips-merawat-sepeda-motor-saat-musim-hujan-must-know/
|
kudil
|
0 komentar:
Posting Komentar