;



UNTUK CLOSE : KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI AGAR MELIHAT FULL ARTIKEL ^^


Jumat, 12 Oktober 2012

Olahraga Pétanque, Cara Bermain bersama Sejarahnya

Jumat, 12 Oktober 2012

Meski tergolong olah raga baru di Indonesia, petanque sebenarnya termasuk olah raga yang sudah punya nama. Di dunia, negara-negara yang kuat bersama konsisten mengembangkan petanque adalah negara-negara yang pernah dijajah oleh Prancis, negara yang memang melahirkan cabang olah raga tersebut. Pada pesta olahraga Sea Games Pétanque sudah menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan. Pétanque adalah suatu bentuk permainan boules yang tujuannya melempar bola besi sedekat mungkin dengan bola kayu yang disebut cochonnet bersama kaki harus berada di lingkaran kecil. Permainan ini biasa dimainkan di tanah keras atau minyak, tapi juga dapat dimainkan di rerumputan, pasir atau permukaan tanah lain. Permainan sejenis adalah bocce bersama bowls. Pétanque dalam bahasa Perancis diucapkan [pe.tɑ̃ːk]

Bentuk asli permainan ini muncul tahun 1907 di La Ciotat, di Provence, di selatan Perancis. Namanya berasal dari Les Ped Tanco dalam dialek Provençal di bahasa Occitan, yang berarti “kaki rapat.” Bentuk kasual permainan Pétanque dimainkan oleh sekitar 17 juta orang di Perancis, kebanyakan selama liburan musim panas. Terdapat 375.000 pemain dengan lisensi dari Fédération Française de Pétanque et Jeu Provençal (FFPJP) bersama 3000 di Inggris

Meski tergolong olah raga baru di Indonesia, petanque sebenarnya termasuk olah raga yang sudah punya nama. Di dunia, negara-negara yang kuat bersama konsisten mengembangkan petanque adalah negara-negara yang pernah dijajah oleh Prancis, negara yang memang melahirkan cabang olah raga tersebut.

Sejarah
Pada awal abad ke-6 SM orang Yunani Kuno telah memainkan permainan melempar koin, batu datar, bersama bola batu, disebut spheristics. Bangsa Romawi Kuno memodifikasi permainan dengan menambahkan target yang harus didekati sedekat mungkin. Variasi Romawi dibawa ke Provence oleh tentara Romawi bersama pelaut. Sebuah makam Romawi di Florence menunjukkan orang bermain game ini, membungkuk untuk mengukur poin.
Dalam perkembangannya setelah itu masyarakat Roma, menggantikan bola batu dengan bola kayu, dengan kuku untuk memberi mereka bobot yang lebih besar. Pada Abad Pertengahan Erasmus menyebut permainan itu sebagai globurum. Tetapi selanjutnya menjadi dikenal sebagai ‘boule,’ atau bola, bersama itu dimainkan di seluruh Eropa. Raja Henry III dari Inggris melarang permainan itu bersama menggantikannya dengan pemanah, bersama di abad 14, Charles IV bersama Charles V dari Perancis juga melarang olahraga untuk rakyat jelata. Namun dalam abad ke-17 adalah larangan tersebut dicabut.

Pada abad ke-19, di Inggris olahraga telah menjadi bowling rumput, di Perancis, olahraga ini dikenal sebagai boule, bersama dimainkan di seluruh masyarakatnya. Para Meissonnier seniman Prancis membuat dua lukisan menunjukkan orang-orang bermain game, bersama Honoré de Balzac dijelaskan pertandingan di La Comédie humaine. Di Prancis Selatan telah berevolusi menjadi jeu Provençal, mirip dengan petanque, kecuali bahwa lapangan lebih besar bersama pemain menjalankan tiga langkah sebelum membuang bola. Permainan ini dimainkan di desa-desa di seluruh Provence, biasanya pada kotak tanah di bawah naungan pohon. .

Petanque dalam bentuk yang sekarang ditemukan pada tahun 1907 di kota La Ciotat dekat Marseilles oleh pemain Lyonnaise Prancis bernama Jules Boule Lenoir. Panjang pitch atau lapangan dikurangi oleh sekitar setengah, bersama pengiriman bergerak diganti dengan yang stasioner.

Turnamen petanque pertama dengan aturan baru diselenggarakan pada tahun 1910 oleh Ernest saudara bersama Joseph Pitiot, pemilik sebuah kafe di La Ciotat. Setelah itu olahraga tumbuh dengan kecepatan tinggi, bersama segera menjadi bentuk yang paling populer dari boule. Federasi internasional petanque Fédération Internationale de petanque et Jeu Terbukti didirikan pada tahun 1958 di Marseille bersama memiliki sekitar 600.000 anggota di 52 negara (2002).

Kejuaraan Dunia pertama diselenggarakan pada tahun 1959. Kejuaraan paling baru diadakan di Faro (2000), Monako (2001), Grenoble (2002, 2004 bersama 2006), Jenewa (2003), Brussels (2005), bersama Pattaya / Thailand (2007). Lima puluh dua tim dari 50 negara berpartisipasi dalam 2007.

Cara Permainan

Petanque dimainkan oleh dua, empat atau enam orang dalam dua tim, atau pemain dapat bersaing sebagai individu bersama bermain santai. Di tunggal bersama ganda permainan setiap pemain memiliki tiga boule. Sebuah koin dilempar untuk menentukan sisi mana pemain bermain terlebih dahulu. Tim mulai menarik lingkaran di tanah yang ber diameter 35-50 cm. Semua pemain harus melempar boule mereka dari dalam lingkaran ini, dengan kedua kaki yang tersisa di tanah. Pemain pertama melempar jack 6-10 meter, setidaknya satu meter dari perbatasan.

Pemain yang melemparkan jack kemudian melemparkan Boule pertama mereka. Seorang pemain dari tim lawan kemudian membuat melempar. Bermain terus dengan tim yang tidak terdekat ke jack harus terus melemparkan tanah sampai mereka Boule lebih dekat ke jack dari lawan mereka atau kehabisan boule.

kalau boule terdekat dari setiap tim adalah jarak yang sama dari jack, maka tim yang memainkan memainkan terakhir lagi. kalau boule masih berjarak sama maka tim bermain bergantian sampai perubahan posisi. kalau boule masih berjarak sama pada akhir pertandingan maka tidak ada poin yang dicetak oleh tim baik. Permainan berlanjut dengan pemain dari tim yang memenangkan akhir sebelumnya menggambar lingkaran baru di sekitar di mana jack selesai bersama melemparkan jack untuk akhir yang baru.

Permainan berakhir, bersama titik dapat mencetak gol ketika kedua tim tidak memiliki boule lebih, atau ketika jack adalah tersingkir dari bermain. Tim yang menang menerima satu poin untuk setiap Boule yang telah lebih dekat ke jack dari Boule terbaik-ditempatkan oposisi. kalau jack terlempar dari arena permainan, tidak ada skor tim kecuali hanya satu tim telah boule kiri untuk memutar. Dalam hal ini tim dengan boule menerima satu poin untuk setiap bahwa mereka harus bermain. Tim pemenang adalah yang pertama yang mencapai 13 poin kemenangan.

Ketentuan Lain

* Boule 1.a memukul batas sudah mati bersama akan dihapus dari ujung itu.
* Dalam lapangan permainan atau piste ditandai dengan string Boule adalah mati kalau itu benar-benar melintasi string.
* Lingkaran dapat dipindahkan kembali di garis akhir sebelumnya kalau tidak ada ruang untuk memainkan akhir 10 meter.
* Boule dapat dilemparkan pada ketinggian manapun atau bahkan berguling tergantung pada mebersama.
* Boules dilemparkan ketiak, biasanya dengan telapak tangan ke bawah yang memungkinkan backspin untuk diletakkan pada Boule memberikan kontrol yang lebih besar.
* Masing-masing tim harus memiliki peralatan pengukuran yang cocok. Dalam kebanyakan kasus pita pengukur adalah cukup tapi kaliper atau alat ukur lainnya mungkin diperlukan.

Sebuah tim yang sukses memiliki petanque pemain yang terampil menembak.Dalam menempatkan, sebuah Boule di depan jack memiliki nilai jauh lebih tinggi dari satu pada jarak yang sama di belakang jack, karena disengaja atau tidak disengaja mendorong dari Boule depan umum meningkatkan posisinya. Pada setiap bermain setelah Boule pertama telah ditempatkan, tim yang mendapat giliran harus memutuskan apakah ke titik atau menembak. Faktor-faktor yang dihitung dalam keputusan penilaian itu meliputi seberapa dekat dengan jack Boule, peranan dari sebuah pointer atau tempat dalam sekitar 15 sentimeter kalau mebersamanya terawat, tidak berbatu atau tidak rata, bersama seberapa banyak boule setiap tim belum bermain.

Seorang kapten tim, dalam pertandingan ideal, membutuhkan pointer ke tempat Boule yang cukup dekat dalam pendekatan ke soket (paradoks, dalam kompetisi, pointer pertama kabersamag-kabersamag bertujuan untuk tidak begitu dekat ke jack bahwa lawan pasti akan menembak mereka Boule segera). Mereka kemudian memvisualisasikan sebuah lingkaran imajiner dengan jack sebagai pusat bersama jarak jack-Boule sebagai jari-jari lingkaran itu bersama membela dengan segala cara yang sah.

Perlengkapan

* Jack (cochonnet) bersama Boule
Boule harus terbuat dari logam. Boule kompetisi harus memenuhi spesifikasi sebagai berikut: beruang ukiran menunjukkan nama produsen bersama berat Boule tersebut, memiliki diameter 70,5 mm bersama antara 80, memiliki berat antara 650 bersama 800 g. tidak diisi dengan pasir atau diubah dengan cara apapun
* Selain itu, Boule terdapat ukiran nama pertama pemain atau inisial.
* Pilihan Boule
Diameter Boule ini dipilih berdasarkan pada ukuran tangan pemain. Berat bersama kekerasan Boule tergantung pada preferensi pemain bersama gaya bermain. “Pointer” cenderung memilih boule lebih berat bersama lebih keras, sementara “penembak” sering pilih boule lebih ringan bersama lebih lembut.
* Kenyamanan Boule ini tidak memenuhi standar kompetisi tapi sering dipakai untuk permainan rekereasi. Dapat dirancang sesuai dengan semua umur bersama jenis kelamin, bersama dapat terbuat dari logam, plastik atau kayu untuk bermain di pantai, misalnya.
* Kompetisi jack Kompetisi iniharus memenuhi spesifikasi sebagai berikut:
terbuat dari kayu atau dari bahan sintetis, membawa tanda pembuat bersama memiliki konfirmasi diamankan oleh FIPJP yang bahwa mereka mematuhi persis dengan spesifikasi yang relevan. bersama memiliki diameter 30mm (toleransi + – 1mm).




sumber :http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=11440008


SEMOGA BETAH DI BLOG SAYA YA ..... ^_^

kudil - 22.55

0 komentar:

Posting Komentar